Sinopsis Tari Aceh...

Pas lagi buka2 fili, pas lagi ga da kerja, pas lagi pengen posting..., ee..., nemu file dengan judul "Sinopsis Tari Aceh", terpikir ini aja aku posting.
itung2 untuk mengenal budaya leluhur..., kata Ir. Soekarno Presiden RI ke I, Jangan Lupakan Sejarah "JASMERAH"..., apa aja lah.

Ok, Silahkan dibaca dan dipake untuk yang berminat.

1. TARI MEUIDANG (membawa hidang)
Tari ini merupakan tari persembahan didalam menyambut tamu. Sirih dan peunajoh thoe (kue tradisonal Aceh) yang disuguhkan pada tamu, melambangkan keihklasan didalam menerima dan memuliakan kedatangan tamu.

2. TARI RAPA’I GELENG DAN TARI MEUSEKAT
Tari Rapa’i Geleng, tari ini merupakan tari Islami sebagai media dakwah didalam menyiarkan agama Islam. Tari Rapa’i Geleng dimainkan pria, sambil memukul rapai dan menggelengkan kepala dengan cepat. Tari ini melambangkan sikap gotong royong, kebersamaan, dan penuh kekompakan disebuah lingkungan masyarakat.

3. TARI CANGKLAK
Tari CANGKLAK ini memvisualisasikan perempuan-perempuan cantik, gemulai, energik, dan sedikit genit dengan berbagai aksesoris yang dipakai dalam mengelilingi lekuk tubuh anggunnya, serta pelengkap busana yang senantiasa digunakan dan identik dengan perempuan seperti paying, kipas, sapu tangan, dan kerincing kaki. Dengan mengedepankan seni pertunjukan hiburan yang ringan serta nyaman untuk ditonton dan dinikmati yang menampilkan perpaduan gerak dari tari-tarian yang lazim di Aceh dengan tarian khas melayu dari daerah timur Aceh serta Guel dari dataran tinggi Gayo.

4. TARI KIPOH SIKARANG
Tari ini merupakan tari muda – mudi yang menggambarkan suasana kegembiaraan. Tari ini dimainkan oleh lima pria dan lima wanita yang artinya lima rangkaian. Tari ini merupakan persenyawaan yang utuh dari lima gerak dasar tari tradisional Aceh, pada hakikatnya tari ini melambangkan rasa gembira sebagai pencerminan dari semangat persatuan dan kesatuan untuk melahirkan karya-karya nyata atas dasar kebersamaan serta syair-syair yang mengisahkan tentang keagamaan pendidikan dan pesan-pesan dalam pembangunan.

5. TARI TAREK PUKAT
Tari ini merupakan tarian yang diangkat dari kehidupan nelayan di pesisir Aceh yaitu membuat Pukat (jarring) dan menangkap ikan dengan jaring di tengah laut. Suasana menarik pukat dengan harapan mendapatkan ikan yang banyak dinyakatakan dengan semangat kerja keras dan riang gembira sambil bernyanyi bersama – sama yang sesekali terdengar teriakan seorang pawing.

1 comment:

  1. saya sedang mencari syair tari tarek pukat..ada kah yang punya?

    ReplyDelete