Cara Unhidden file yang "hilang" setelah terkena virus

Pernahkah flashdisk atau kompueter anda terkena virus...???, kemudian setelah anda scan dengan anti virus, file atau folder anda justru hilang, kemudian anda beranggapan bahwa file anda di delete sama anti virus anda...???

Saya mempunyai kisah yang sama, flashdisk saya terkena virus, dan ada beberapa folder yang "hilang" ..., saya langsung tahu, bahwa file dan folder "tersebut" tidak benar2 hilang.
Dari mana saya tahu...???, karena ketika saya melakukan proses pe'scan'an saya melihat bahwa file dan folder tersebut masih di scan oleh anti virus. Atau cara lainnya adalah dengan melihat size dalam flashdisk anda, coba anda bedakan jumlah sizenya, antara:
1. Klik kanan pada menu explorer "I: (nama flashdisk), trus klik properties, kemudian lihat berapa size'nya.
2. Bedakan dengan jumlah size total pada masing-masing folder yang masih terlihat...

Hasilnya, kalau size dengan cara "1" lebih besar dari pada size dengan cara "2", berarti ada file yang tersembunyi.

Oke, kalau anda sudah faham..., langsung ke bagaimana cara meng'un hidden file atau folder yang hilang tersebut.
1. Untuk Windows XP, saya biasa menggunakan "total commander" yang bisa anda dapatkan di (http://www.ghisler.com/) atau silahkan di search melalui (http://www.google.com/search?rlz=1C1_____enID380ID380&aq=f&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=total+commander), download dan gunakan (cara menggunakan apabila diperlukan akan saya tulis lebih lanjut)

2. Untuk Windows 7, karena total commander tidak support ke windows 7, makanya saya mulai mencari jalan bagaimana caranya agar bisa meng unhiden file dan folder. Alhamdulillah setelah saya melakukan search di "google" saya menemukan caranya, dan cara ini sekaligus bisa digunakan pada versi Windows 7, Windows XP atau windows lain-lainnya.
Caranya:

a. Buka Explorer Anda
b. Masuk ke Tools dan klik Folder Options (untuk windows xp), untuk windows 7 masuknya lewat Organize trus klik "Folder and Search Options"
c. Klik tab View
d. Cari Advanced Settings:

- Klik Show Hidden Files and Folders , kemudian
- Hilangkan tanda centang di Hide Protected Operating System Files (Recommended),

e. Klik "Apply" dan "Ok"

f. Masuk ke tempat Anda menyimpan folder dan file yang hilang, disana akan terlihat folder dan file yang "hilang". Folder dan file tersebut warnanya agak kabur karena folder dan file tersebut masih beratribut Hidden. Untuk mengembalikan seperti semula, klik Kanan folder dan file tersebut, pilih Properties dan hilangkan centang pada Attributes Hidden dan Apply, kemudian "Ok"


Pernahkan anda mendapat kasus, dimana Folder Options pada menu Tools di Explorer anda hilang...??? (karena terkena virus), untuk kasus yang sama anda hanya dapat membuka file hidden dengan cara:
1. Klik Start – Run, kemudian pada kotak dialogs Run, Ketikan CMD
2. Masuk Command Prompt
3. ketikkan perintah ini: attrib -r -a -s -h F:\*.* /S /D
catatan: Ganti F: sesuai dengan Drive Letter tempat file tersebut berada.

4. Press Enter dan biarkan berproses dan...Finish, Insyaallah folder dan file anda akan terlihat.


Kalau masih bingung silahkan menghubungi saya dengan membuat comments.

19 comments:

  1. Saya mau tanya kemarin saya sudah coba melihat file-2 yang di hidden setelah kelihatan semua folder-2 tersebut saya mau mengembalikan dia supaya di hidden kembali bagaimana cara nya , mohon petunjuk thank's dari andri_anto60@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat: andri_anto60@yahoo.co.id:anda dapat meng hidden kembali file yang andainginkan dengan Total Commander untuk window xp. Untuk win 7 silahkan membalik proses un hidden win 7 diatas, artinya file memberi centang pada Hide Protected Operating System Files, artinya file dianggap sebagai system file.
      Atau silahkan search di google, cukup banyak langkah hidden file yang aman lainnya, seperti sistem menghilangkan salah satu partisi hardisk yang tentunya berisi file yang anda inginkan (recommended tersembunyi paling aman).

      Delete
  2. Tq boss ilmu nya berharga sekali

    ReplyDelete
  3. Buat: andri_anto60@yahoo.co.id:anda dapat meng hidden kembali file yang andainginkan dengan Total Commander untuk window xp. Untuk win 7 silahkan membalik proses un hidden win 7 diatas, artinya file memberi centang pada Hide Protected Operating System Files, artinya file dianggap sebagai system file.
    Atau silahkan search di google, cukup banyak langkah hidden file yang aman lainnya, seperti sistem menghilangkan salah satu partisi hardisk yang tentunya berisi file yang anda inginkan (recommended tersembunyi paling aman).

    ReplyDelete
  4. saya masi bingung cara yg di atas saya punya flash disk ada datanya yg hiden giliran mau di unhiden kok ngak bisa yg muncul cuman archiv dgn read only

    ReplyDelete
  5. Berikut ini adalah cara menyembunyikan file, folder atau partisi/drive hard disk paling aman, nyaman dan tanpa software tambahan pada windows 7 (yang sudah saya coba):
    Cara Hide dan UnHide File/Folder/Partisi Paling Aman

    ReplyDelete
  6. buat mas admin warung kopi plus@;;
    saya punya total comander.. tapi bagaimana caranya meng unhide file yg terhidden melalui total comander ..

    mohon petunjuknya ke: herokidaini@rocketmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake TC lebih mudah, ikuti petunjukknya aja, untuk caranya, aku juga agak bingung, soalnya TC punyaku udah di delete sama anti virus.

      Cara lain dapat juga pake smadav, scan trus pilih unhide.

      salam dari warungkopiplus

      Delete
  7. Terima Kasih atas penerangan anda yang jelas
    dan mudah difahami. Kerana maklumat anda ini
    saya telah berjaya unhide kan kembali file
    folder saya yang hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekarang, pakai smadav lebih cepat...
      aplikasinya dapat di download di http://www.smadav.net/

      Delete
  8. aku pake windows vista,apakah caranya sama dengan yang ada diatas.. dan kasus di FD saya foldernya ada namun isi file nya ga ada, trus yang filenya rata2 word yang hilang. itu gmna yah..., sementara file yg word yang penting bgt. bisa bantu saya ga gmna caranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah pake smadav bisa membuka isi lengkap file dalam folder itu dan lebih cepat, tinggal scan trus di menunya akan ditampilkan berapa jumlah file yg dihidden sama virus, selanjutnya kita tinggal unhide dar smadav tsb.
      Aplikasinya dapat di download di http://www.smadav.net/

      Delete
  9. cari di "help and support" bisa kok, "show hidden file".. nggak usah rempong-rempong deh-_-

    ReplyDelete
  10. trimakasih gan...

    ReplyDelete
  11. Gan mau tanya. Awalnya itu mncul sndr sblm bka filee exploler. Mncul tlisan "delete recycle bin?" Ya aku tekan delete soalnya awalnya di hd ak wktu msk k lptop udh ad vrus gitu. Trs trnyata td itu ngedelete isi hd aku. Jd gmn gan biar data saya bs balik? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  12. Gan mau tanya. Awalnya itu mncul sndr sblm bka filee exploler. Mncul tlisan "delete recycle bin?" Ya aku tekan delete soalnya awalnya di hd ak wktu msk k lptop udh ad vrus gitu. Trs trnyata td itu ngedelete isi hd aku. Jd gmn gan biar data saya bs balik? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  13. thanks warung kopi :D

    ReplyDelete