Anggaran Pendapatan Belanja Kota Banda Aceh tahun 2009 (Rencana)

APBK Kota Banda Aceh, emm... Cukup lah buat anggaran kita ngopi dan makan pisang goreng anget setiap hari di warung kopi Ulee Kareng "Solong" selama 50 tahun. Atau kalau skrg kita berusia 18+ tahun dan kalau rencana usia kita 62 tahun, maka cukup buat ngopi seumur hidup.
Nggak percaya???

..hitung aja sendiri seandanya harga kopi dan pisang goreng anget plus kenaikan inflasi 2,5% sejumlah Rp 9.500,00.
Hmm..., gimana ya cara nyusun APBK ni..., mungkin secara awam kita semua tau bagaimana cara nyusun rencana keuangan kita masing2, intinya jangan sampai defisit.
Tp kali ni aneh, dan aneh bgt..., berapa PAD Kota Banda Aceh tahun 2008? (bukan pake yg 2009, karena ga boleh ngutang)..., trus kalo ditambah dengan uang tambahan dari sumber2 lain yg terpercaya (yg cuman ngomong ga dianggap) berapa?...jadi, TOTAL uang yg mau kita rencanain untuk tahun 2009 berapa?
Kalo dah ketemu jumlahnya baru kita susun dan bagi2 porsi anggaran per SKPD dan atau sesuai dg kebutuhan kota tahun 2009, dan atau sesuai dg visi dan misi kota "Bandar Wisata Islami Indonesia"
Mudah kan???
Kenyataanya ni susah sekali, masing2 SKPD merasa perlu uang lebih banyak, emmm, kalo dijumlahkan mungkin sekitar 200% dari sumber dananya...
Jadi dari mana Kota bisa menuhi???..., dan jangan tanya kalo kota bisa investasi atau nabung untuk tahun depan.

... Bersambung.

No comments:

Post a Comment