Banda Aceh..., ikutan banjir apa enggak ya???

Perubahan iklim global telah berakibat pada banjirnya kota kota di Indonesia.
Sebenarnya apa sih pengaruh iklim global tersebut???

Istilah perubahan iklim global jadi ngetrend dan muncul karena KTT di Bali bebera bulan yang lalu. Isue ini sebenarnya bukanlah tergolong baru, mungkin kalo kita mau melihat kebelakang. Pada awal tahun 2000an (millenitm) sempat muncul isu menurunya tingkat ketinggian permukaan tanah Kota Jakarta. Hal ini diakibatkan karena bertambahnya berat beban tanah diatasnya yg disebabkan karena bertambahnya jumlah penduduk, jumlah kendaraan, bangunan dan lain2.
Pertambahan berat ini diperparah lagi dengan bertambahnya jumlah rongga tanah (sumur biasa dan sumur bor), serta berkurangnya area resapan air tanah akibat dari pembangunan yg tidak ramah lingkungan.
Perubahan Iklim Global dapat diartikan pula sebagai meningkatnya suhu dan panas yg diterima bumi, karena semakin berkurangnya ketebalan lapisan ozon.
Bertambahnya suhu/panas ini mengakibatkan mencairnya es di kutub utara dan selatan, akhirnya permukaan air laut pun meningkat.
Kedua contoh kasus tersebut mengakibatkan banjir Rob di daerah2 pantai Jakarta dan sekitarnya.
Kasus ketiga, Pada saat ini dapat kita lihat di beberapa kota seperti Surabaya, Semarang, Jakarta dan Banda Aceh (kota yg ga disebut boleh protes...hehehe). Aliran sungai di kota2 tersebut semakin lambat, malah terkesan tidak mengalir ke laut (mengalir ke darat?). Kok bisa begitu???
Jawabnya jelas, air mengalir ke tempat yg lebih rendah!!!., dan Pada saat ini, tinggi permukaan air sungai dan air laut relatif hampir sama.
Sekarang beberapa kasus tersebut kita hubungkan dengan Hujan Deras berhari2 di akhir2 ini???
Trus kita tambahin sedikit dengan bumbu Ilegal Loging dan Legal Loging???
Trus kita tambahin dengan bungkus2 makanan dan minuman (bc: sampah) yg terkumpul di sungai???
Emmm..., lengkap kan buat di bahas bersama di solong sambil ngopi trus makan pisang goreng anget trus comment di www.warungkopiplus.com.

3 comments:

  1. Berhitung yuk...:
    1. Jumlah Penduduk Jakarta saat ini sekitar 12jt jiwa, kalo per orang rata2 beratnya 50kg, jumlahnya berapa Kg???
    2. Kalo dari 12jt jiwa tersebut kita bagi 5 (rata2 jumlah keluarga Indonesia) trus kita anggap 50%nya punya mobil dan 80% nya punya sepeda motor dan kita anggap jumlah kendaraan umum adalah di kota sekitar 20%nya jumlah keluarga..., total beratnya berapa ya?
    3. Rata2 jumlah ruang bangunan per jiwa adalah 9 meter persegi, dan per meter perseginya kita sepakati beratnya 100kg trus kita kalikan dengan 9 dan kita kalikan lagi 12jt jiwa, berapa kg ya beratnya?
    4. Jumlah sumur, rongga tanah..., point 2 tadi jumlah keluarga di jakarta berapa ya?kalo kita anggap 70% keluarga memiliki rumah sendiri dan tiap rumah punya sumur. Berapa jumlah sumur di jakarta???, trus kita bandingkan luas jumlah total sumur dengan luas jakarta???
    5. Mau dihitung bersama pake excel???

    ReplyDelete
  2. Eh, kasian amat loe py blog tp lo sndr y ks coment.. Ni aku ks kmntr.. Loe krg kerjaan! Hehe... Loe dah itung dah brp liter loe ngopi dsolong? Dah brp wkt lo ngkrg dsolong? Dah brp duit loe jajan dsono n bt rokok? Hehe

    ReplyDelete
  3. Hehehe, emang ini gunanya...Telkomsel Flash, tinggal "flash on 5000" kirim ke 3636, kita bisa ngisi blog dari HP seminggu.
    Enak kan, ngopi sambil ngisi blog, jadi ga keliatan kalo ga da kerjaan.
    Hehehe.

    ReplyDelete