Sepeda Motor Pertama di Dunia

Sepeda motor bermerek Hildebrand and Wolfmuller buatan tahun 1894 merupakan sepeda motor pertama di dunia dan salah satu motor tertua yang saat ini masih ada. Sepeda motor ini diperkirakan akan mampu terjual lebih dari 60.000 poundsterling atau sekitar Rp 852 jutaan.

Hildebrand and Wolfmuller sendiri menurut merupakan sebuah sepeda motor yang telah diperkuat mesin twin-cylinder, water-cooled, four-stroke yang dikembangkan oleh dua orang yang masih bersaudara yakni Henry dan Wilhelm Hildebrand.

Untuk membangun motor ini, keduanya pun berkolaborasi dengan Alois Wolfmuller dan mekaniknya Hans Geisenhof untuk membangun sebuah motor berkapasitas mesin 1488 cc yang memiliki tenaga sebesar 2.5bhp.

Setelah dipatenkan pada Januari 1894, mesin penemuan mereka itupun juga segera dilisensikan di Prancis sebagai La Petrolette.

Namun produksi motor Hildebrand and Wolfmuller terpaksa harus berhenti pada 1897. Diperkirakan hanya ada 800 motor Hildebrand ad Wolfmuller yang saat itu berhasil diproduksi.

Setelah berhenti produksi, mesin motor dijual ke sebuah keluarga Amerika dan terakhir digunakan di jalan di tahun 1930-an.

No comments:

Post a Comment