Ujian Nasional

Mengapa "banyak" yang ga setuju dengan Ujian Nasional ???

Bukanya udah terbukti masih lebih banyak yang "lulus" dari pada yang "ga lulus". Kalau rata2 sekitar 75% murid di Indonesia lulus..., berarti yang 25% memang dibawah standar..., itu wajar dan bukan kesalahan Ujian Nasionalnya, tapi lebih karena kesalahan "murid" dan/atau "gurunya".

Banyangkan kalau yang 25% (yang ga lulus) tu memang ga pernah belajar..., sekolah pun malas, dan memang ga pintar..., Mengapa mesti dipaksakan untuk lulus. Toh walaupun mereka diluluskan kemungkinan mereka tetap dibawah standar dari "kebutuhan pasar" sebagai tenaga kerja.
Hal yang sama, mereka akan melamar kerja kesana kemari dan enggak diterima..., bukan mutlak karena tidak ada "saudaranya" yang diperusaan tersebut, atau pun bukan karena ga punya "uang" untuk menyuap petugas seleksinya. Terlepas dari takdir Allah, semua perusahaan pun pasti ingin mendapatkan bibit unggul yang baik, jadi kalau semua karyawannya masuk dengan menggunakan Uang dan/atau KKN bagaimana perusahaan tersebut bisa maju ???. Walaupun ada yang masuk dengan menggunakan uang dan/atau fasilitas KKN, intinya perusahaan tersebut tetap membutuhkan yang berpotensi tinggi.

Kalau ada daerah yang kualitas pendidikannya berbeda, misalnya suatu daerah di "pedalaman" Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang rendah, toh sebagian besar dari muridnya mereka "lulus" juga. Memang fasiltas pendidikan di Indonesia perlu dibenahi, tetapi tidak berarti Ujian Nasional dihapuskan.

..., tetapi kalau ada suatu sekolahan di "kota", 100% muridnya ga lulus, perlu ditinjau ulang "gurunya", bisa ngajar enggak "gurunya"....
sebaliknya kalau suatu sekolah 100% muridnya lulus semua, silahkan dilihat di sekolah tersebut, apakah pintas semua muridnya.



Bayangkan secara global kalau Ujian Nasional dihapuskan, bagaimana kita bisa melihat kualitas Generasi muda sekarang???
Kita bayangkan, dalam kondisi saat ini apabila nilai kelulusan 6.00, berarti kita dapat ambil kesimpulan sederhana, bahwa generasi muda tahun 2010 lebih bagus dari pada generasi dibawahnya (yang memiliki nilai kelulusan dibwah 6.00).

Buat Generasi Muda Indonesia yang belum lulus, Ujian Nasional memang susah tetapi hidup lebih susah. Berdoa dan berusahalah agar di ujian susulan kelak kalian bisa mengerjakan ujian dengan mudah dan bisa lulus..., amin.

No comments:

Post a Comment