Edit Multiple Pictures with Photoshop

..., lg pengen nulis artikel tentang photoshop nih, soalnya aku sendiri perlu, trus kadang kadang pas perlu aku ga ingat caranya..., mau aku tulis di buku catatan, ntar susah nyarinya, trus mesti dibawa kemana2..., solusinya aku tulis di warung kopi plus ini aja..., walaupun aku dimanapun dan kapan pun tetap bisa aku lihat, asal ada jaringan internet dan perangkatnya...hehehe

dalam Bahasa, dapat diartikan maksudnya "cara meng'edit gambar dalam jumlah yang (bisa) sangat banyaaaak... dengan photoshop", hanya dengan satu klik..., yang penting sabaaarrr...., menunggu apalagi kalo kompinya udah jadul...

Sebagai pengalaman, aku telah meng edit gambar sebanyak 15.731 gambar. Mulai dari mengedit lebarnya agar semua sama width'nya (800px) dengan height relatif terhadap gambar asli dan width. Sampai dengan menambahkan tulisan "fotorumah.blogspot.com" pada setiap sudut kanan bawah foto sebagai identitasnya..., perlu waktu sekitar 5 jam...
(Hasilnya silahkan dilihat di "http://fotorumah.blogspot.com/", lebih lengkap silahkan beli DVD'nya)

Bayangkan kalau itu dekerjakan satu2...

Oke, sebenarnya cara yang aku dapat asalnya dari website (http://www.geekinspired.com/graphic-design/photoshop/edit-multiple-pictures-with-photoshop-batch-and-droplet/), jadi kalo bingung membaca dari sini, bisa langsung menuju artikel aslinya...

"Edit Multiple Pictures with Photoshop" dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yang berbeda, yaitu dengan:
1. Edit Multiple Pictures with a Photoshop Batch
2. Using a Photoshop Droplet to edit Multiple Pictures

Persamaanya..., kedua langkah diawali dengan membuat "Action in Photoshop" yang direkam (record).
Cara membuatnya silahkan click Window > Action dari main menu atau tekan Alt + F9 (Windows) pada keyboard anda.
setelah muncul, tab Action seperti gambar berikut:




















Kemudian pilih tombol "create a new action", dan kemudian muncul kotak dialog. Isikan nama Action yang dapat mewakili "Action" yang anda buat (agar nantinya anda tidak bingung). Misalnya "Resize to 800px" untuk "Action" yang berfungsi untuk merubah ukuran menjadi width 800px, atau "Add text fotorumah.blogspot.com" untuk langkah menambah text fotorumah.blogspot.com.

Setelah selesai menuliskan nama "Action", Click "Record" dan silahkan memulai langkah yang ingin anda rekam secara berulang.












Pada tahap "Record", anda tidak perlu melakukan dengan tergesa2, karena waktu dalam tahap record ini tidak dihitung, yang direkam dalam "Record" adalah "tombol perintah photoshop apa yang anda Click"
Misalnya:
(untuk me'resize ukuran gambar menjadi width 800px dengan height relatif)

1. Open
2. Image Size
3. Save
4. Close

Setelah selesai me "Record", selanjutnya tekan tombol click Stop Playing/Recording.





















Catatan;
Jangan lupa melakukan copy file image terlebih dulu ke dalam folder baru, karena dalam langkah "Action" yang saya buat di "save" pada nama file dan folder yang sama, bukan "save as" sehingga seluruh file dalam folder yang kita edit agan berganti "image size" nya secara otomatis dengan nama file yang sama.



01 Edit Multiple Pictures with a Photoshop Batch

Setelah anda selesai membuat "Action" yang terekam, selanjutnya anda bisa melakukan "Multiple Editing Picture" anda dengan salah satunya fasilitas "Batch" di photoshop. Caranya, Click File > Automate > Batch dari main menu.

























Selanjutnya akan muncul, kotak dialog "Batch Setting".
..., yang paling penting dalam langkah ini adalah menentukan "Action" yang telah anda buat tadi, dan menentukan folder dimana file hasil editan akan disimpan selanjutnya.





















...
Untuk alternatif pilihan lainnya dalam "Batch Setting" silahkan anda kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan, silahkan mencoba-coba terlebih dulu agar anda faham dengan maksudnya.
...
misalnya, apabila file image yang ingin anda edit anda susun dalam folder dan sub folder, maka silahkan klik pilihan "Include All Sub Folder", artinya seluruh file image yang berada didalam folder root yang anda pilih akan di "resize" seluruhnya.





02 Using a Photoshop Droplet to edit Multiple Pictures
Droplet prinsipnya sama dengan Batch, akan tetapi penggunaannya lebih mudah.

Untuk mendukung pekerjaan saya, saya lebih memilih "Droplet" dari pada "Batch", karena "Droplet" berupa file ".exe", sehingga dalam peroses peng'editan gambar, kita tidak perlu lagi membuka photoshop dan tidak perlu melakukan setting untuk setiap kali pada setiap waktu dalam melakukan pengeditan gambar.
Untuk lebih jelasnya, silahkan dicoba dan fahami perbedaannya...

Click File > Automate > Create Droplet

























selanjutnya akan muncul kotak "Droplet Setting" yang mirip dengan kotak "Batch Setting", akan tetapi kalau anda lihat teliti akan nampak perbedaannya.





















Isikan kotak "Save Droplet In", tekan "Choose" dan pilih dimana file "Droplet" nantinya akan anda simpan, kemudian ketik file name yang anda inginkan, misalnya nama filenya adalah "Resize to 800px" agar nantinya kita tahu bahwa File Droplet itu fungsinya untuk meresize image manjadi 800px.

...
Untuk alternatif pilihan lainnya dalam "Batch Setting" silahkan anda kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan, silahkan mencoba-coba terlebih dulu agar anda faham dengan maksudnya.
...


Setelah anda selesai, maka Klik "Ok", dan "Exit" Photoshop. Silahkan buka folder tempat anda menyimpan file "Droplet" tadi. Silahkan anda test dengan cara men'drag folder yang berisi gambar dan timpakan pada file "Droplet" yang anda buat.
..., apa yang terjadi...? Photoshop akan secara otomatis terbuka dan melakukan perintah seperti yang anda buat pada "Action" secara berulang pada setiap gambar yang ada didalam folder yang anda "drag" ke file "droplet"















Apabila file tidak Droplet anda tidak jalan, maka silakan mencoba mengulang cara pembuatan file "Droplet" atau silahkan baca artikel tentang "Photoshop droplet can't run in Windows 7 dan Windows Vista" dan bagaimana cara mengatasinya... (yang akan saya tulis di blog ini juga setelah "Edit Multiple Pictures with Photoshop" ini selesai.

Selamat mencoba..., semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment