Bagaimana cara menghapus backup data Lenovo One Key Recovery yang sudah tidak digunakan

Tips ini setahu saya hanya diperlukan untuk Laptop Lenovo yang dilengkapi dengan Lenovo One Key Recovery System. Lenovo One Key Recovery System merupakan salah satu keunggulan Lenovo (menurut saya) sehingga memudahkan kita untuk membackup data atau merestore data atau system apabila Laptop sudah terasa bermasalah, biasanya ditandai dengan terasa "lemoootttt". Kita tinggal menekan tombol OneKey Rescue System untuk mengaktifkan Lenovo OneKey Rescue System ketika Laptop dalam keadaan mati, kemudian proses akan berjalan dengan sendirinya.

Tampilan One Key Recovery

...., Permasalahan timbul ketika kita sudah tidak memerlukan salah satu restore poin yang pernah kita buat sebelumnya. Contoh seperti pada kasus yang saya alami, saya ingin menjual Laptop Lenovo, sehingga sebelumnya saya akan merestore Laptop ke "Restore to Factory Default". Kemudian saya harus menghapus file hasil backup yang pernah saya lakukan sebelumnya, mengapa?karena apabila saya tidak menghapusnya, kemungkinan orang yang membeli akan dapat merestore laptop ke kondisi yang biasanya saya gunakan, dan ini berbahaya apabila disitu masih terdapat file-file yang sifatnya rahasia.

Kasus lain misanya, pada tanggal 1 September 2011 kita telah membackup file system kita dengan menggunakan Lenovo One Key Recovery System, misalnya sebesar 10G. Kemudian pada tanggal 20 September 2011, kita melakukan instal sofware yang kita anggap penting, dan kita ingin nantinya apabila Laptop kita restore maka kita tidak perlu lagi menginstal program tersebut kembali. Tentunya kita harus membuat backup file system kita kembali, misalnya backup file tanggal 20 September. Nah disini kita akan bertanya, bagaimana menghapus (backup.wsi) file backup data tanggal 1 September 2011, yang tentunya sudah tidak kita perlukan lagi, mengingat filenya cukup besar (10G).

Caranya:

Hidupkan Laptop dengan menekan tombol OneKey Rescue System untuk mengaktifkan Lenovo OneKey Rescue System,emudian pilih system recovery, dan pilihlah "Default Path" tempat penyimpanan backup.wsi anda pada pilihan "Restore from uses's backup".
Biasanya tempat penyimpanan berada pada path: D:\Lenovo\OneKey App\OneKey Recovery\backup.wsi.
Selanjutnya, copy/catat atau ingat-ingat lokasi penyimpanan tersebut, kemudian restart laptop dan buka windows explorer. Cari lokasi penyimpanan sesuai dengan path tersebut, kemudian hapuslah.

Kemudian, sebagai tambahan silahkan backup data system anda kembali.

Tips ini saya tulis karena pada petunjuk Lenovo OneKey Rescue System tidak mencantumkan bagaimana cara mengapus file backup yang pernah kita buat, karena diperlukan maka saya terpaksa harus searching di google.com dengan keyword "How to delete Lenovo Backup" dan menemukan petunjuknya yang termuat di Lenovo Y550: How to delete unused backup.wsi file from OneKeyRecovery directory on D drive?.
Semoga bermanfaat.

1 comment: