Tips Menulis Skripsi atau Tesis dengan Cepat

Bla..., bla..., sedikit ya...
Sebenarnya sejak masih kuliah saya ingin memposting tips cara menulis skripsi atau tesis dengan cepat ini di blog warung kopi plus. Namun karena pada saat itu saya juga sedang dalam proses merampungkan tesis, maka saya simpan dulu tips ini, dan iseng-iseng saya terapkan tips ini untuk penulisan tesis saya sendiri.

Walaupun agregat lama waktu pengerjaan tesis saya relatif lama, disebabkan karena faktor eksternal sakitnya dosen pembimbing utama saya, namun Alhamdulillahirobbilalamiin, saya berhasil dengan sangat memuaskan.

Aslinya tips cara menulis skripsi atau tesis dengan cepat ini ditulis oleh Prof.Dr.R.Rijanta, M.Sc., dalam sebuah file presentasi mata kuliah Pratesis MPKD UGM pada tahun 2011, dengan judul asli tips menulis tesis dengan cepat. Dalam posting ini, judul aslinya saya ganti (plus skripsi), karena menurut saya tidak ada perbedaan antara skripsi dan tesis khususnya secara teknis pengerjaan.

Berikut tips atau cara menulis skripsi atau tesis dengan cepat:

1.          Selesaikan semua kegiatan analisis data (tuntaskan semua statistik, peta, tabel gambar dan diagram);
2.          Buat outline penulisan, daftar isi diperkaya dengan rencana subtansi yang akan disajikan dalam setiap sub bab secara rinci;
3.          Masukkan semua hasil analisis di lokasi yang semestinya;
4.          Tulis dan deskripsikan hasil analisis sesuai alur ceritera yang dikehendaki outline;
5.          Jangan pernah membaca tulisan saudara sebelum semua draft selesai ditulis;
6.          Jika ada keinginan merevisi teks, tahan dulu dan jangan dilakukan saat itu;
7.          Catat jika anda mempunyai ide untuk memperbaiki bagian tertentu;
8.          Jika semua pekerjaan menulis sudah selesai, bacalah naskah anda halaman demi halaman  secara teliti dan buatlah catatan yang perlu untuk perbaikan;
9.          Perbaikilah semua bagian yang sudah ditandai untuk diperbaiki sampai tuntas;
10.      Baca sekali lagi sambil temukan kesalahan yang masih perlu diperbaiki;
11.      Perbaikilah kesalahan tersebut sampai anda tidak dapat memperbaiki lagi
12.      Minum kopi atau teh sejenak, print dan serahkan ke pembimbing & tunggu masukannya;
13.      Perbaiki hasil komentar pembimbing sesuai langkah 8 dan seterusnya, sampai pembimbing saudara bosan atau tidak bisa memberikan saran lagi.....

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti tips ini dipersilahkan dan semoga cepat lulus dan menjadi lulusan yang baik dan bermanfaat.

1 comment:

  1. Nice Info Semoga Lebih Bermanfaat Lagi Kunjungi
    http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete