Cara mencetak daftar file atau folder dalam direktori menjadi text

Terkadang kita perlu dan butuh mencetak nama-nama folder atau nama-nama file menjadi dalam sebuah file text. Misalnya kita perlu mencetak seluruh nama file atau judul-judul lagu MP3 kedalam bentuk txt, yang hendak kita olah lebih lanjut menjadi sebuah informasi kumpulan judul-judul lagu yang kita miliki. Kita dapat melakukan secara manual, dengan menekan F2 (rename) pada nama file, kemudian meng'copy text yang kita inginkan. Namun bayangkan kalau lagu-lagu yang kita miliki berjumlah ratusan bahkan ribuan...?

Untuk itu, saya ingin membantu teman-teman dalam mempermudah pekerjaan tersebut. Dengan cara yang akan saya bahas berikut, nama file atau nama folder yang tercetak akan berbentuk list txt, yang dapat dibuka dengan aplikasi Notepad (insyaallah seluruh komputer pasti ada aplikasi notepad ini). Setelah nama file dan nama folder tercetak, teman-teman dapat mengkombinasikan atau memodifikasi text tersebut dengan program Microsoft Office Excel, misalnya dengan memanfaatkan menu Text to Columns dalam menu Data (Microsoft Office Excel 2007). Hal ini bertujuan untuk memisahkan nama file yang tercetak, sehingga nantinya mudah untuk diolah lebih lanjut, misalnya dibuat menjadi tabel list nama-nama MP3.

Langkah mencetak daftar file atau folder dalam direktori menjadi text:
1. Buka Windows command line dan pengguna MS-DOS, atau Command Prompt.

2. Bagi yang kurang memahami bahasa DOS sederhana, anda harus mencoba-coba dengan perintah "cd" (tanpa tanda kutip) dan perintah "dir" (tanpa tanda kutip), atau perintah "cd.." (cd kemudian ketik titik dua kali, tanpa tanda kutip), atau perintah "D:" (tanpa tanda kutip) trus "enter". Perintah-perintah sederhana tersebut bertujuan untuk menuju ke folder atau direktori yang nama filenya akan kita print menjadi text.

3. Setelah anda berada di direktori yang isinya ingin anda cetak, ketik salah satu perintah di bawah ini:

dir> print.txt
Perintah ini akan mengambil daftar semua file dan semua informasi tentang file, termasuk ukuran, tanggal dimodifikasi, dll, dan mencetaknya ke daam sebuah file dengan nama file "print.txt" di direktori itu. Setelah proses selesai silahkan buka folder yang anda print.

dir / b> print.txt
Perintah ini akan mencetak hanya nama file dan bukan informasi file lainnya ke dalam direktori saat itu.

dir / s / b> print.txt
Perintah ini akan mencetak hanya nama file dari file dalam direktori saat itu dan file lainnya dalam direktori dalam direktori saat itu.

Setelah melakukan salah satu langkah atau semua langkah di atas, atau setelah file print.txt dibuat, maka anda dapat membuka file tersebut melalui program editor teks (misalnya Notepad) dan mencetak atau mengolah file lebih lanjut sesuai yang anda inginkan. Anda juga dapat melakukan ini dari command prompt dengan mengetikkan notepad print.txt.
Cara mencetak daftar file atau folder dalam direktori menjadi text
Klik gambar untuk memperbesar dan
alur proses perintah DOS'nya ("cd", "dir", "cd..", dan "D:" ) serta
lihat hasil file print.txt yang terbentuk, sebelum dan sesudah proses
(lingkaran merah)

Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat..., (kalo belum bisa, setahu saya ada software namanya "dir2file", kita tinggal klik kanan folder dan cetak file dalam direktori tersebut)

Buat http://www.computerhope.com, thank telah membantu saya dalam memecahkan masalah tentang bagaimana Cara mencetak daftar file atau folder dalam direktori menjadi text.

2 comments:

  1. Dir 2 File 1.2.2: Free Download:
    http://www.softpedia.com/progDownload/Dir-2-File-Download-28361.html

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banget gan, trik yang satu ini gan.. jadi inget ketika belajar dos sebelum windows dahulu

    ReplyDelete