Panduan Memilih Brand Notebook: Rangkuman dari Berbagai Sumber


Posting panduan memilih brand notebook ini merupakan kumpulan kelemahan dan keunggulan dari beberapa brand notebook yang ada di Indonesia. Kelemahan dan keunggulan notebook tersebut bersumber dari beberapa postingan yang telah ada, bedanya dalam postingan panduan memilih brand notebook dalam blog warung kopi plus ini telah di satukan dari berbagai sumber yang ada.

Postingan ini terakhir diupdate dan ditulis tanggal 30 Agustus 2012, sehingga apabila ada kemajuan perkembangan atau perbaikan teknologi laptop dikemudian hari, warung kopi plus bersedia menerima masukan dan kritikan dari teman-teman.
---

1) Acer:

a. Kelemahan:

a)    Notebook atau laptop Acer dinilai kurang memiliki daya tahan apabila digunakan dalam waktu yang relatif lama.
b)    Casing notebook atau laptop Acer dinilai kurang kokoh atau mudah rusak apabila dibandingkan dengan brand notebook lainnya.
c)    Notebook Acer memiliki suhu yang relatif lebih mudah panas (tidak tahan lama). Pada pemakaian jangka panjang akan berakibat, notebook Acer mengalami mati total.
d)    Notebook Acer memiliki karakteristik kipas yang menghisap udara dari bawah, sehingga tidak cocok untuk dipakai di karpet atau kasur (permukaan dibawahnya harus rata)
e)    Relatif lebih berat dibandingkan dengan brand notebook lainnya
f)     Beberapa notebook Acer memiliki karakteristik Card Reader yang harus dicolok terlebih dulu sebelum notebook dihidupkan, atau card reader tidak terdeteksi/terbaca.
g)    Baterai yang cenderung cepat drop, terutama jika dibandingkan dengan bran laptop lainnya dalam masa pemakaian yang sama. Selain itu, baterai Notebook Acer dinilai lebih pendek umurnya.
h)    Notebook Acer dinilai kurang mendukung untuk pekerjaan grafis atau untuk gamming berat, karena biasanya spesifikasinya standar dan tidak istimewa. Kecuali seri Ferrari yang diproduksi khusus dengan bahan carbon fiber dan lapisan anti api yang cocok untuk para gammer dan pekerjaan grafis.
i)      Kualitas suara jelek, suara pecah apabila digunakan untuk mendengarkan musik dengan volume yang relatif keras.

b. Keunggulan

a)    Harga lebih murah, daripada notebook  atau laptop sejenis dengan spesifikasi yang sama atau sekelas.
b)    Adanya kemudahan purna jual, seperti harga jual yang relatif stabil
c)    Pelayanan konsumen yang bagus, dengan didukung banyaknya gerai layanan apabila terjadi kerusakan pada notebook atau laptop.
d)    Kemudahan dalam melakukan komplain terkait garansi Notebook atau laptop Acer.
e)    Notebook atau laptop Acer biasanya memiliki utility sendiri khususnya dalam mendukung fasilitas yang telah disediakan.
f)     Notebook Acer memiliki kipas yang tidak berisik, seperti kipas pada beberapa brand lainnya.


3) Sony Vaio:

a. Kelemahan:

a)    Harga tidak sesuai dengan spesifikasi laptop, terkadang terlalu mahal, karena pada dasarnya brand sony mengedepankan gengsi dari pada kualitas.
b)    Pada beberapa tipe memiliki suara kipas yang agak keras (berisik),
c)    Trackpad laptop terkadang sering bermasalah.
d)    Laptop relatif cepat panas, sehingga perlu melengkapi cooler atau pendingin lainnya.

b. Keunggulan

a)    Pada umumnya, Laptop Sony memiliki design yang menawan, performa yang tinggi, dan spesifikasi yang lengkap.
b)    Memiliki kualitas hardware yang bagus dan berkualitas
c)    Kebanyakan dari Laptop Sony Vaio memiliki Sistem Operasi paket langsung di laptopnya. Maksudnya, rata-rata dari laptop ini sudah ada Genuine Windowsnya.


4) Lenovo & IBM:

a. Kelemahan:

a)    Spesifikasi tinggi namun tidak diimbangi dengan performa yang tinggi (performa rendah)
b)    Beberapa tipe pada laptop Lenovo (V460) mudah hang.

b. Keunggulan

a)    Dari beberapa merk laptop yang saya coba, hanya dua merk laptop yang saya suka keyboardnya, Laptop Lenovo (ThinkPad) dan Toshiba memiliki keyboard yang enak dipakai.
b)    Hal lain yang menjadi keunggulan Lenovo (ThinkPad) adalah tersedianya dua jenis mouse, yaitu touchpad dan trackpoint, yang kemudian bisa difungsikan sebagai mouse pointer (trackpoint) dan scroller (touchpad).
c)    Bebeapa tipe Laptop Lenovo (ThinkPad) mempunyai lampu diatas layar yang menerangi keyboard, sehingga membantu dalam pengetikan di tempat yang gelap.

Tambahan: Perbedaan antara IBM dan lenovo.
a)    IBM lebih suka non wide (untuk seri bisnis) dikarenakan wide memiliki kelemahan di kabel flexibel di atas lebih panjang sehingga banyak problem.
b)    IBM lebih suka LCD frame lekuk ke dalam , untuk menghindari tekanan LCD dari atas.
c)    IBM ada sensor sentrifugal, dimana diangkat 10cm harddisk akan mengalami parking secara otomatis.
d)    IBM engselnya bukan dibuat dari besi yang dilubang tengah (sudah sejak 5 tahun yang lalu), merk sekarang sudah sama.


5) Toshiba:

a. Kelemahan:

a)    Harga mahal, tidak sesuai dengan kualitas spesifikasi
b)    Kualitas speaker kurang memuaskan (tidak nge bass).
c)    Laptop Toshiba biasanya cepat panas
d)    Batere laptop cepat ngedrop.
e)    Laptop Toshiba rata-rata memiliki design yang klasik, berbentuk kotak.

b. Keunggulan

a)    Brand besar dengan kualitas yang bagus
b)    Memiliki kualitas hardware yang bagus dan berkualitas
c)    Dari beberapa merk laptop yang saya coba, hanya dua merk laptop yang saya suka keyboardnya, Laptop Lenovo (ThinkPad) dan Toshiba memiliki keyboard yang enak dipakai.
d)    Laptop tidak cepat panas, untuk penggunaan dalam waktu yang relatif sama


6) Compaq dan HP(Hewlett-Packard):

a. Kelemahan:

a)    Panel LCD mudah goyang, Mudah mengalami kerusakan pada bagian LCD atau inverter
b)    Biasanya driver dan softwarenya harus download sendiri di website HP
c)    Notebook atau Laptop mudah panas apabila digunakan dalam waktu yang relatif lama, dibandingkan dengan brand lainnya.
d)    Harga mahal, tidak sesuai dengan kualitas spesifikasi
e)    Menurut riset dari 9 brand, Laptop HP paling banyak mengalami kerusakan dalam jangka 3 tahun pemakaian (25,6%) lihat di (http://www.squaretrade.com/htm/pdf/SquareTrade_laptop_reliability_1109.pdf).
f)     Biasanya Laptop memiliki model yang klasik, sehingga kurang cocok untuk bergaya.

b. Keunggulan

a)    Brand HP memiliki jaringan peripheral yang sangat luas mulai dari printer, scanner, kamera digital, sehingga sangat mempermudah adanya komunikasi dan koneksi antar device karena masih satu brand produk.
b)    Tombol yang digunakan menggunakan sensor lampu, seperti tombol volume, tombol pengatur brightness, dan lain-lain, sehingga memudahkan operasi di tempat yang agak gelap.
c)    Kualitas suara bagus


7) Dell:

a. Kelemahan:

a)    Kebanyakan tipe laptop tidak dilengkapi dengan VGA card, sehingga kurang bisa mendukung untuk keperluan game.
b)    Laptop cepat panas
c)    Keyboard serring bermasalah akibat dari cepat panasnya laptop, sehingga perlu cooler.

b. Keunggulan

a)    Memiliki kualitas hardware yang bagus dan berkualitas
b)    Relatif lebih awet, (type vostro) dengan penggunaan sudah hampir 2 tahun tidak mengalami masalah.


8) Asus:

a. Kelemahan:

a)    Kualitas suara jelek, (cempreng) namun untuk keluaran terbaru suaranya sudah sangat bagus.
b)    Bentuknya relatif kurang elegant dan menarik, sehingga kurang cocok untuk bergaya.

b. Keunggulan

a)    Garansi lebih lama, meliputi garansi jasa perbaikan dan hardwere selama 2 tahun. Brand lainnya hanya berani memberikan garansi hardwere 1 tahun dan garansi jasa perbaikan 2 tahun. Kenapa? Karena ASUS merupakan Original Design Manufacturer (ODM). ODM membuat/mendesain laptop kepada perusahaan-perusahaan komputer besar yang disebut dengan OEM (Original Equipment Manufacturer) seperti DELL, HP, Compaq, Toshiba, Acer, Sony, Gateway, Apple, dan bahkan IBM, jadi perusahaan-perusahaan di atas mengorder laptop untuk dibuatkan oleh ODM dan setelah jadi, namanya dirubah sesuai dengan brand masing-masing pemesan. ASUS merupakan salah satu dari lima ODM terbesar di dunia, jadi soal reliability tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan saat ini Apple, Toshiba dan Sony mengorder laptop ke Asus.
b)    Brand terbaik, sebagai ODM, harga relatif lebih murah dengan performa notebook yang sekelasnya, tidak seperti beberapa brand notebook lainnya yang biasanya harganya tidak sesuai dengan performa maupun spesifikasinya.
c)    Memiliki kualitas hardware yang bagus dan berkualitas, seperti VGA yang relatif lebih bagus. Hampir semua Laptop Asus dilengkapi dengan video card, sehingga laptop ini disebut dengan Laptop Para Gamer.
d)    Menurut riset dari 9 brand, Laptop Asus paling sedikit mengalami kerusakan dalam jangka 3 tahun pemakaian (15,6%) lihat di (http://www.squaretrade.com/htm/pdf/SquareTrade_laptop_reliability_1109.pdf).


Tambahan:


Sebenarnya semua merek notebook bagus dan telah terstandarisasi, karena semua notebook rata-rata memiliki spesifikasi komponen dengan pabrikan yang sama. Misalkan processor yang banyak beredar adalah Intel dan AMD, VGA rata rata juga memakai Nvidia, ATI dan Intel Accelerator.

Sehingga, untuk memutuskan memilih brand laptop yang mana sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

Berikut beberapa brand dan type laptop berdasarkan spesifikasinya:
1. ACER
a)    Acer Travelmate: ditargetkan untuk bisnis kecil hingga besar, TravelMate menawarkan performa yang dapat diandalkan.
b)    Acer Aspire: dirancang untuk pengguna rumahan, dikemas dengan fitur multimedia yang lebih serta performa yang mengesankan.
c)    Acer Ferrari: Jagoan yang mengombinasikan teknologi terbaru dan kesan eksotis.

2. ASUS
a)    Asus A-Series: berkemampuan multimedia, ditujukan untuk pengguna rumahan.
b)    Asus V-Series: dilengkapi dengan komponen high end, anda bisa berharap lebih pada notebook ini.
c)    Asus W-Series: ditujukan ke pasar notebook high end, pada seri ini dijejali berbagai fitur. Selain itu masih ada seri C,F,G,L,M,R,S,U,X,Z.

3. LENOVO
a)    Lenovo Ideapad: Generasi terbaru Lenovo dengan fitur multimedia dan keamanan yang lengkap (seperti face detector dan fingerprint).
b)    Lenovo Thinkpad: ditujukan untuk kalangan bisnis. Thinkpad dipisah lagi menjadi seri R, T, X, X Tablet.
c)    Lenovo 3000: ditargetkan untuk kalangan keluarga. Dibedakan menjadi Lenovo seri N dan V.

4. SONY Vaio
a)    Sony TX: sangat tipis, ringan dan bisa dibilang ultra portabel, dengan layar 11,1 inchi dan baterai tahan lama, sangat ideal bagi pebisnis.
b)    Sony SZ: gabungan antara mobilitas dan kemampuan multimedia, Vaio SZ sangat ideal untuk para profesional dengan mobilitas tinggi.
c)    Sony AR: seri high end dari Vaio sengan performa dan fitur full multimedia. Sudah menggunakan drive Blu-ray.
d)    Selain itu masih ada Vaio seri BX, TZ, UX, FZ, NR, CR.


---
Dari beberapa rangkaian penjelasan diatas, saya menyimpulkan bahwa tidak ada satu brand laptop yang sempurna, masing masing brand ada kelemahan dan kelebihannya. Untuk itu, disini saya sertakan beberapa solusi umum untuk mengatasi kelemahan yang ada:
Pada waktu pembelian:
a)    Beli laptop sesuai kebutuhan Anda. Pilih spesifikasi yang cocok dengan Anda
b)    Pilihlah brand laptop yang sekaligus menjadi (Original Design Manufacturer (ODM). Sebagai brand pembuat laptop, secara logika mereka memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas yang lebih terjamin. Lebih lanjut mengenai ODM, silahkan dilihat di: (http://ayyeshakn.multiply.com/reviews/item/172?&show_interstitial=1&u=%2Freviews%2Fitem)
c)    Pilih Laptop yang memiliki prosentase tingkat kerusakan terkecil, apabila digunakan selama 3 tahun. Hasil survei dapat dilihat di: (http://www.squaretrade.com/htm/pdf/SquareTrade_laptop_reliability_1109.pdf)
d)    Pastikan membeli laptop yang baru. Karena biasanya laptop second hand perlu dipertanyakan kualitasnya, karena hal ini berkaitan dengan sejarah pemakaian laptop sebelumnya yang kita tidak mengetahuinya. Jika terpaksa membeli second, pastikan membeli di toko terpercaya, karena ini behubungan dengan garansi laptop anda, baik garansi kerusakan ringan maupun kerusakan berat.
e)    Belilah Laptop atau Notebook yang memiliki garansi resmi. Biasanya kelemahan dari suatu produk tidak sama pada setiap unit produk yang di produksi. Logikanya, kemungkinan ada 1 dari 1000 orang pengguna produk yang sama mendapatkan laptop dengan kualitas yang jelek, kemudian yang satu tersebut mengklaim bahwa, semua produk laptop tersebut sama-sama bermasalah/jelek. Apabila kita membeli produk dengan garansi resmi, otomatis, kegagalan produksi akan di klaim oleh produsen, dan anda dapat gantinya dengan produk yang kemungkinan lebih bagus.
f)     Cariah informasi lokasi service centre, guna mempercepat akses perawatan laptop apabila terjadi ha-hal yang tidak diinginkan. Pertimbangkan memilih brand notebook dengan tersedianya service centre terdekat.
g)    Jika membeli baru, pastikan laptop dalam keadaan tersegel baik luar maupun dalam. Karena apabila segel dalam terbuka, harga jual akan jatuh
h)    Pastikan kartu garansi telah dikirim ke vendor atau produk Anda telah terigistrasi
i)      Apabila Laptop sudah ada OS bawaannya, pastikan disertai segel untuk mengecek keasliannya
j)      Cek kelengkapan perangkat laptop sebelum meninggalkan toko, buka kardusnya, periksa kabel dan kelengkapan lainnya.
k)    Bila perlu, belilah tas yang bagus dan tebal. Hal ini akan mencegah benturan kepada laptop

Pada waktu pemakaian:
a)    Gunakan baterai notebook atau laptop hanya pada saat darurat dan tidak ada aliran listrik. Pergunakan suplay listrik dengan perantara adaptor untuk mengubah arus, dan pergunakan UPS untuk mengantisipasi mati listrik yang bisa berakibat laptop mati mendadak.
b)    Perkuat pendingin laptop dengan menambahkan cooler, khususnya untuk penggunaan laptop jangka panjang. Hal ini penting untuk menjaga suhu laptop anda, saya menyarankan, apapun merk laptop anda apabila penggunaannya jangka panjang selalu gunakan cooler, karena pada dasarnya laptop diciptakan untuk penggunaan sederhana tidak lama, apabila lama leih baik gunakan desktop.
c)    Buat system restore point dua kali atau dua tahap dan simpan di flasdisk khusus, atau DVD yang aman dari virus, yaitu pada:
1)    Sebelum laptop diinstal software-software yang sangat lengkap. (Sebelum laptop diinstal software lainnya), hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila dikemudian hari laptop kita bermasalah karena kesalahan penginstalan software, atau karena kena virus.
2)     Setelah laptop diinstal dengan software lengkap yang anda butuhkan.


Terima kasih, semoga adanya postingan panduan memilih brand notebook ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi teman-teman (khususnya pemula yang masih bingung) dalam memilih brand notebook dan semoga bermanfaat.
---

2 comments:

  1. Replies
    1. oke bro..., gpp, semoga posting Panduan Memilih Brand Notebook ini lebih bermanfaat

      Delete