Penyebab Jaringan Smartfren Error

Beberapa hari ini, sebagian besar pengguna smartfren (seperti saya) mengeluh, karena akses internet benar-benar LEMOT, bahkan saya sendiri sampai menulis status "Smartfren memang anti lelet, tapi tidak anti LEMOT"..., puncaknya tadi malam 25 Maret 2013, internet sama sekali tidak bisa digunakan, walaupun status "conect" di modem haier OK.
Streaming, Gaming, Browsing in High Definition, tidak akan bisa kalau JARINGAN SMARTFREN LELET
Streaming, Gaming, Browsing in High Definition, tidak akan bisa
kalau "JARINGAN SMARTFREN LELET"

Bebebrapa situs yang masih bisa diakses adalah, dengan menggunakan alamat:
- http:///www.google.com.my (google malaysia)
- http:///www.google.com.sg (google singapura)
- http:///www.google.com.hk (google hongkong)

Cepat memang akses search/pencariannya, akan tetapi hasil pencariannya tetap tidak bisa dibuka.
----, setelah capek mencari penyebabnya, baru tahu setelah baca status smartfren (sumber: https://www.facebook.com/smartfren/posts/10151424072954457):

"Kepada seluruh pengguna Smartfren, kami ingin memohon maaf atas ketidaknyamanan jaringan yang dialami. Hal ini dikarenakan adanya optimalisasi jaringan Smartfren. Terima kasih atas pengertiannya."

Heran..., kenapa terlambat sekali pemberitahuan dan permintaan maafnya???, tak secepat slogannya "Smartfren anti lelet", mungkin permintaan maaf itupun karena "comment" dari ribuan orang di page smartfren, yang memaki tentang "Lemotnya Jaringan Smartfren".

Dari bebrapa comment, saya dapatkan komentar yang mengarahkan ke link tulisan yang menjelaskan mengapa Jaringan Smartfren Error, yaitu:

---:

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan internet dari operator CDMA Smartfren mengalami gangguan sejak beberapa hari yang lalu.

Penyebabnya adalah putusnya kabel bawah laut yang terletak di antara Pulau Bangka dan Batam, pada Jumat, 15 Maret 2013 lalu. Kabel optik ini putus akibat terkena jangkar kapal.

Informasi ini terungkap dari "kicauan" Menkominfo Tifatul Sembiring melalui akun Twitter @tifsembiring. Tifatul meneruskan informasi yang didapatnya langsung dari pihak Smartfren.

Banyaknya komplain dari pelanggan Smartfren membuat Menkominfo harus turun tangan langsung bertanya ke pihak Smartfren.

Tifatul mengawali penjelasannya dengan tweet sebagai berikut,"Ini jwbn orang smartfren soal 'gak connetct', saya coba bantu tanya pada mrk. Selanjutnya adlh hak konsumen, terus atau pindah operator."

Berikut jawaban dari pihak Smartfren seperti yang dituliskan Tifatul:

- 15 Maret: Jar. utama internet Smartfren submarine putus antara Bangka - Batam, kena jangkar kpl. Internet dpt hnya 60%.
- 16 Maret: Jaringan backup inland Sumatra putus di Palembang, krn tanah longsor. Internet dapat dilayani dg jalur proteksi kapasitas 30%
- 17 Maret: jalur proteksi juga mengalami cut di area Sumatera Selatan, layanan internet hanya bisa dilayani 10% kapasitas.
- 18 Maret: jaringan tambahan dari pihak-3 (Matrix submarine) beroperasi, kapasitas jaringan internet menjadi 50%.
- 23 Maret: jaringan Matrix Submarine mengalami cut. Layanan internet kembali hanya 10%.
- 26 Maret: hari ini diharapkan restorasi jaringan selesai, dan tambahan kapasitasi. Diharapkan layanan internet bisa mencapai 80% kapasitas
- Demikian tweeps budiman, selanjutnya anda bebas memilih operator dari pengalaman2 pelayanan yg anda dapatkan. Tksh.

---.

Nah..., jawaban dan penjelasan seperti ini yang seharusnya muncul di status facebook, bukan update iklan "Smartfren Anti Lelet" terus-menerus, konsumen butuh kejelasan dengan cepat.
Karena konsumen mungkin mengira/beranggapan bahwa lemotnya jaringan smartfren disebabkan karena:
- kemungkinan modemnya rusak,
- komputer/laptopnya terkena virus, sehingga lemot,
- quota valuebase habis, sehingga kecepatan turun,
- dan lain-lain yang diluar dugaan.

Berharap, besok-besok smartfren tidak cuman anti lelet di jaringan, tetapi di pelayanan terhadap konsumen.
Smartfren Anti Lelet, Semoga Layan Ke Konsumen Juga Anti Lelet
Smartfren Anti Lelet, Semoga Layan Ke Konsumen Juga Anti Lelet


)* Hemm..., kalau ditempatku ada AHA, aku pengen pakai AHA, selain jengkel karena smartfren yang LEMOT, juga karena kalau jaringan baru peminatnya masih sedikit sehingga masih bisa berharap kueenceng. Tetapi pengalaman di JOGJA, AHA kuenceng cuman beberapa bulan, setelah iklan di TV habis, kembali LEMOT juga...
Jadi berharap mau pasang speedy aja, yang bener-bener kuenceng, tiada banding, tanpa quota..., sanyangnya duitnya kuenceng juga..., yahh..., maklumlah, produk telkomsel memang mahal semua.

No comments:

Post a Comment